RIWAYAT HIDUP

Megawati Simanjuntak lahir di Balige tanggal 3 November 1972 dari pasangan Mula Simanjuntak dan Delima Aruan. Ia memperoleh gelar sarjana pada Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK), Fakultas Pertanian IPB pada tahun 1997, gelar master dari Program Studi Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak, Fakultas Ekologi Manusia IPB dengan judul tesis “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Keluarga dan Prestasi Belajar Anak pada Keluarga PenerimaProgram Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2010, serta menyelesaikan gelar doktor pada Program Studi Penyuluhan PembangunanFakultas Ekologi Manusia IPB dengan judul disertasi “Tingkat Keberdayaan dan Strategi Pemberdayaan Konsumen” pada tahun 2014.

Sejak tahun 2005, Megawati Simanjuntak menjadi pengajar di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia–IPB. Beliau menjadi pengajar pada mata kuliah Perilaku Konsumen, Manajemen Sumberdaya Keluarga, Riset Konsumen, Usaha Ekonomi Keluarga, dan Penerapan Komputer. Sampai saat ini, Beliau telah meluluskan 25 mahasiswa S1 dan menjadi pembimbing akademik bagi 23 mahasiswa.

Beberapa penelitian yang dilakukan adalah “Pengembangan InstrumenIndeks Keberdayaan Konsumen” yang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan RI, serta “Model Pendidikan Konsumen Dalam Upaya Meningkatkan Keberdayaan Konsumen Di Wilayah Perkotaan Dan Perdesaan Bogor” yang merupakan Hibah Penelitian Dasar Untuk Bagian, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan. Topik penelitian lain di bidang keluarga dan konsumen yang digeluti adalah analisis perilaku, persepsi, preferensi, kepuasan, sikap, kepuasan, pola pengeluaran dan kesejahteraan keluarga.

Beliau juga menjadi presenter dalam seminar/konferensi nasional maupun internasional, diantaranya Indonesia Malaysia-Indonesia International Conference on Economic, Management, and Accounting (MIICEMA 2014) di Kuala Lumpur; the 4th Shanghai International Conference on Social Science (SICSS 2014); The Fifth International Community, Work And Family Conference di University of Sydney, Australia pada tahun 2013; The Asia-Pacific Network for Moral Education Eighth Annual Conference Learning from Diversity and Commonality: Ways Forward for Moral Education in the Asia-Pacific di Yogyakarta State University, Yogyakarta, Indonesia tahun 2013; dan 19th Tri U International Joint Seminar and Symposium 2012 di Bogor Agricultural University Indonesia tahun 2012. Beberapa jurnal ilmiah diterbitkan pada ASEAN Marketing Journal (AMJ) oleh Universitas Indonesia (UI)Terakreditasi Dikti, Internasional Asian Journal of Business and Management, Media Gizi dan Keluarga FEMA IPB, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen IKK FEMA, Economic Journal of Emerging Markets UII, Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Universitas Ciputra.

Megawati Simanjuntak aktf dalam kegiatan pengabdian masyarakatdengan mengisi Dialog RRI, Pakar IPB di Siaran Pedesaan RRI, serta melakukan penyuluhan dan sosialisasi menjadi konsumen cerdas selama tahun 2013 dan 2014 di tujuh sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Bogordengan sasaran siswa, pelaku usaha, guru dan orang tua.

Organisasi Profesi/Ilmiahyang diikuti hingga saat ini dengan menjadi anggota adalah Asosiasi Ilmu Keluarga dan Konsumen Indonesia (ASIKI) dan Perhimpunan Ahli Penyuluhan pembangunan Indonesia (PAPPI).

Selain aktif dalam kegiatan ilmiah, beliau juga sering menjadi pembicara, pembina maupun juri dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di tingkat IPB maupun nasional.